Salah Satu Alasan Kenapa Rem Underbone Gak Pakem
bisa
dilihat perbandingan panjang tuas rem underbone fu dan asli fu, hampir 2x
lipat.. sehingga secara teori tuas rem asli 2x lebih enteng untuk diinjak. bagi
yang gak masuk IPA saat sma, agar lebih jelas coba bayangkan sebuah pintu, saat
anda membukanya biasanya anda dorong di gagang pintu bukan? dan gagang pintu
terletak sejauh mungkin dari engsel pintu... kenapa? ya coba aja dorong pintu
deket engsel, pasti lebih berat... inilah salah satu alasan kenapa rem
underbone gak pakem, namun hal ini bisa diminimalisir... bagaimana? simaklah
langkah2 berikut ini.....
- 1. Pemasangan
pemasangan footstep underbone kerap salah dilakukan oleh orang kurang
berpengalaman, khususnya perhatikan bagian reservoir minyak rem. reservoir
minyak rem ini harus terletak lebih tinggi dari master rem, hal ini dikarenakan
minyak rem di reservoir terpakai saat mengerem dan masuk ke selang rem, namun
jika reservoir berada di bawah atau setara
master rem tentunya minyak rem tidak masuk ke selang rem secara efektif,
sehingga piston didalam master rem mendorong angin..
selain itu perhatikan posisi tuas rem, apakah
enak di kaki, jika terlalu tinggi/rendah akan susah diinjak dengan kuat
sehingga harus pas dengan posisi pengendara
- 2. Selang rem
banyak merek di pasaran, namun prinsip
kerjanya sama saja, hanya beda di material dll.
- 3. Kaliper
seharusnya gambar ini ditampilkan di awal,
karena 50% kepakeman terkait dengan ini sih. panjang tuas rem mempengaruhi F1,
selang rem dan kaliper mempengaruhi F2. tapi ya sudahlah... gaada yang
sempurna. nah back to topic, hal ini bisa dicapai dengan memasang kaliper
dengan piston berjumlah lebih banyak, yang lebih mahal tentunya...
selain itu bisa juga mengganti master rem
racing, yang harusnya mempunyai luas permukaan A1 lebih kecil lagi...
0 komentar